ARTIKEL

Prosesor AMD Ryzen AI 9 HX 170 yang ditunggu-tunggu Bocor oleh ASUS?

Share POST

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

ASUS tampaknya telah melakukan kesalahan dengan mempublikasikan daftar spesifikasi untuk laptop unggulannya yang hampir menyingkap generasi berikutnya prosesor mobile AMD. Meskipun AMD sudah bereksperimen dengan nomenklatur baru untuk silikon Phoenix mereka (seri Ryzen 7040), sepertinya mereka kembali mengubah hal-hal terkait dengan skema penamaan prosesor.

Daftar dari ASUS, yang sekarang telah dihapus, tetapi masih dapat diakses melalui cache Google, menyoroti model yang telah ada, VivoBook S 16 OLED (M5606), tetapi dicatat dengan penggunaan prosesor AMD Ryzen AI 9 HX 170 yang tidak dikenal. Berdasarkan spesifikasinya, jelas bahwa prosesor ini bukan bagian dari platform Hawk Point (Phoenix/Phoenix 2) saat ini.

Kejadian seperti ini sesekali terjadi dalam industri ini, tetapi tampaknya ASUS telah mengungkapkan secara tidak sengaja keberadaan prosesor yang belum diketahui dari AMD. Informasi ini pertama kali muncul melalui posting di Twitter oleh pengguna @harukaze5719. Meskipun kita tidak suka berspekulasi tentang rumor, kami memverifikasi informasi ini melalui cache Google. Dan memang, terdapat daftar model prosesor mobile Ryzen yang belum diumumkan. Di bagian perbandingan produk untuk notebook ASUS Vivobook S 16 OLED (M5606), disebutkan bahwa terdapat prosesor AMD Ryzen AI 9 HX 170, yang nampaknya menjadi salah satu chip mobile berbasis Zen 5 yang akan datang dari AMD dengan kode Strix Point.

Dengan nomenklatur baru yang tampaknya diadopsi oleh AMD, fokusnya terlihat jelas pada AI, atau lebih tepatnya Ryzen AI, dengan menyertakannya dalam nama. Ryzen AI 9 HX 170 kemungkinan akan menjadi varian mobile Zen 5 dengan 12 core dan 24 thread, dengan penggunaan Ryzen AI NPU atau teknologi serupa yang terintegrasi dalam chip. Microsoft telah menetapkan bahwa hanya prosesor dengan NPU yang memiliki kinerja 45 TOPS atau lebih yang dianggap sebagai ‘PC AI’, kemungkinan besar NPU berbasis Xilinx (sekarang AMD Xilinx) akan memenuhi persyaratan ini, mengingat bahwa chip tersebut memiliki kinerja AI hingga 77 TOPS. Seri HX ini menyerupai seri HX sebelumnya dari AMD (dan Intel) untuk SKU pengganti desktop mereka untuk laptop, sehingga jika salah satu detail kesalahan ASUS benar, maka ini mungkin merupakan bagian yang sangat tinggi, dengan daya TDP yang tinggi pula.

AMD berencana untuk merilis lini Strix Point berbasis Zen 5 pada suatu waktu di tahun 2024. Mengingat bahwa Computex 2024 akan segera datang dalam waktu beberapa minggu, kita masih belum sepenuhnya memahami kinerja Zen 5 dan pergeseran arsitektur dari Zen 4. CEO AMD, Dr. Lisa Su, juga telah mengkonfirmasi bahwa Zen 5 akan dilengkapi dengan grafis RDNA yang ditingkatkan dalam SoC Strix Point, dengan menyatakan bahwa “Strix menggabungkan inti Zen 5 generasi mendatang kami dengan grafis RDNA yang ditingkatkan dan mesin Ryzen AI yang diperbarui untuk secara signifikan meningkatkan kinerja, efisiensi energi, dan kemampuan AI dari PC.”

Walaupun ada kemungkinan bahwa menjelang Computex 2024 AMD akan bersiap untuk mengumumkan lebih banyak detail tentang Zen 5, namun demikian belum ada yang dikonfirmasi. CEO AMD, Dr. Lisa Su, dijadwalkan untuk memberikan pidato pembukaan pertunjukan. Dr. Lisa Su juga mengungkapkan arsitektur mikro Zen 4 mereka di Computex 2022 selama pidato AMD dan bahkan mengungkapkan tumpukan 3D V-Cache mereka, yang sekarang kita kenal sebagai CPU Ryzen X3D yang diumumkan kembali di Computex 2021.

Dengan itu diingat, AMD dan Dr. Lisa Su gemar mengumumkan produk dan arsitektur baru di Computex, jadi kita hanya perlu menunggu sampai awal bulan depan. Bagaimana AMD akan menetapkan nomenklatur untuk prosesor desktop dan mobile Zen 5 yang akan datang masih harus dilihat, tetapi semoga semuanya akan segera terungkap. Tentang ASUS Vivobook S 16 OLED (M5606), saat ini belum ada informasi lebih lanjut. Namun, kami berharap informasi tersebut akan tersedia setelah AMD memberikan pembaruan tentang Zen 5 dan Strix Point.

Share POST

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
× Hubungi Kami