ARTIKEL

Windows App Bisa Dipakai di Perangkat Apple!

Share POST

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Bukan PC? Sekarang Windows App bisa dipakai di perangkat Apple sekarang!

Source: Windows App – Microsoft Learn

Selama bertahun-tahun, pengguna Mac dan Windows telah lama terpecah menjadi dua kubu yang saling bersaing. Bagi sebagian orang, memiliki perangkat Apple seperti Mac, iPhone, atau iPad adalah impian yang ingin diwujudkan. Di sisi lain, pengguna Windows biasanya lebih menyukai sistem operasi yang lebih fleksibel dan kompatibel dengan berbagai perangkat keras. Namun, ada juga yang merasa terbatas dengan sistem operasi macOS atau iOS yang tidak kompatibel dengan beberapa aplikasi Windows yang mereka butuhkan. Sekarang, users tidak perlu pusing lagi karena Windows App sudah bisa dipakai di berbagai perangkat Apple seperti, iPhone, iPad, dan Mac.

Hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk semakin populernya perangkat mobile, semakin terjangkaunya perangkat hybrid, dan semakin banyaknya aplikasi cross-platform yang tersedia. Apakah Anda termasuk salah satu dari mereka yang mengalami dilema?

Jika ya, maka Anda tidak perlu khawatir lagi. Kini, ada cara mudah untuk menjalankan aplikasi Windows di perangkat Apple Anda tanpa harus membeli lisensi Windows, menginstal Windows secara penuh, atau menggunakan perangkat keras tambahan. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Windows App.

Windows App adalah aplikasi yang dibuat oleh Microsoft untuk memungkinkan pengguna mengakses Windows 365, Azure Virtual Desktop, Microsoft Dev Box, dan PC jarak jauh dari mana saja dengan koneksi internet. Windows App tersedia untuk versi awal pengujian di Mac, iPhone, iPad, web, Windows, dan nantinya Android.

Dengan Windows App, Anda bisa menjalankan aplikasi Windows secara native di macOS, yaitu memiliki tombol Dock sendiri, meskipun masih memiliki tampilan dan nuansa Windows. Windows App juga tidak terlalu berat untuk sistem, sehingga bisa berjalan dengan lancar di perangkat dengan spesifikasi lebih rendah. Selain itu, Windows App juga tidak memakan banyak ruang di hard disk Mac Anda, karena tidak perlu menginstal Windows secara keseluruhan.

windows app support banyak account

Aplikasi ini memberikan support bagi users untuk akses Windows dari berbagai layanan dan remote PC. Home screen yang bisa discustom juga memudahkan users untuk pin favorites dan quick access. Apps ini juga support banyak akun dalam 1 app atau device dan bisa ganti user. Menurut Microsoft Ignite, fitur seperti support beberapa monitor, resolusi display custom, resolusi dynamic display, dan scaling. Windows Apps tidak melupakan support fitur dasar seperti device redirection untuk audio, printer, perangkat penyimpanan, webcam, dan optimasi Microsoft Teams.

windows app login screen for users

Namun, Windows App juga memiliki beberapa keterbatasan yang perlu Anda ketahui. Windows App masih dalam tahap pengembangan, sehingga mungkin masih memiliki beberapa bug dan masalah. Akses juga dibatasi untuk akun Microsoft business. Sehingga personal account tidak bisa dipakai untuk memakai Windows App walaupun hanya sampai sign-in prompt. Hal ini menunjukkan bahwa Microsoft sedang develop aplikasi ini untuk dipakai di cloud bukan on-premise untuk menghemat storage. Tetapi anda akan membutuhkan koneksi internet yang lebih stabil dan memadai, karena pada dasarnya adalah remote desktop yang menghubungkan Anda dengan Windows di cloud. Windows App mungkin tidak bisa menjalankan semua aplikasi Windows, terutama yang lebih baru atau lebih kompleks.

Jika Anda tertarik untuk mencoba Windows App, Anda bisa mengunduhnya dari situs resmi Microsoft. Anda juga bisa melihat daftar aplikasi Windows yang didukung oleh Windows App di sini. Windows App adalah solusi yang menarik dan inovatif untuk menjembatani kesenjangan antara perangkat Apple dan Windows. Apakah Anda siap untuk mencobanya?

Source:
PC World
MUO
Verge

Share POST

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
× Hubungi Kami