ARTIKEL

AMD Perkenalkan Fitur AI Pada Prosesor Ryzen Seri 8040 Laptop

Share POST

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

AMD perkenalkan fitur AI pada prosesor Ryzen 8040 versi HS dan U untuk pasar laptop di pengumuman 6 Desember 2023.

AMD Ryzen 8040 – Source: AMD

Pada tanggal 6 Desember 2023, AMD memperkenalkan prosesor Ryzen seri 8040 untuk laptop, yang dilengkapi dengan fitur AI yang canggih. Prosesor Ryzen generasi terbaru yang disebut Hawk Point menggunakan arsitektur masih menggunakan arsitektur Zen 4 seperti seri 7040 sebelumnya. Tetapi Ryzen Hawk Point ini menggunakan NPU XDNA untuk menjalankan aplikasi AI yang lebih powerful.

Apa Saja Keunggulan Fitur AI yang Disematkan Pada Prosesor Ryzen Seri 8040?

1. Neural Processing Unit (NPU) yang dapat digunakan untuk pengenalan wajah, pengenalan objek, dan terjemahan bahasa.

AMD Ryzen AI akan support lebih dari 100 aplikasi – Souce: AMD

Fitur AI yang disematkan pada prosesor Ryzen seri 8040 adalah XDNA Neural Processing Unit (NPU). NPU berfungsi untuk menjalankan tugas-tugas AI dengan cepat dan akurat, seperti pengenalan wajah, pengenalan objek, dan terjemahan bahasa. NPU ini dapat bekerja secara mandiri atau bersama-sama dengan unit pemrosesan lainnya, seperti CPU dan GPU, tergantung pada kebutuhan aplikasi.

AMD klaim Prosesor ini lebih powerful 40 persen dari generasi sebelumnya berdasarkan test AI chatbot dan model image recognition. Tools yang digunakan untuk benchmark seperti chatbot Llama 2, model image recognition ResNet 50, dan Inception V4 menurut Kompas. AMD juga menambahkan daya komputasi XDNA NPU Ryzen 8040 mencapai 16 Trillion Operations per Second (TOPS). Sedangkan, Ryzen generasi 7040 hanya memilik daya komputasi 10 TOPS, jadi terdapat kenaikan 60% pada performa TOPS di Ryzen 8040.

2. Performa internal GPU Ryzen seri 8040 menyaingi dedicated GPU RTX 2050.

list spesifikasi ryzen 8040

Tabel spesifikasi lini AMD Ryzen seri 8040 – Source: AMD & WCCF TECH

AMD menjanjikan Ryzen seri 8040 mobile memiliki peningkatan performa hingga 77% dalam video editing, 3D rendering, dan gaming dibandingkan kompetitor. Keunggulan ini dimungkinkan oleh internal GPU yang lebih kencang dari generasi sebelumnya dan NPU arsitektur XDNA.

Seperti yang dilihat dari tabel di atas, Ryzen 8040 Series menggunakan internal GPU dengan arsitektur RDNA3. Untuk versi teratasnya, performa iGPU 780M mendekati dedicated GPU NVIDIA Geforce RTX 2050. Menurut test benchmark benchmark 3DMark dari WCCF TECH, perbedaan performanya hanya 200 poin di bawah RTX 2050. IGPU ini juga diklaim AMD dapat mengalahkan prosesor Intel Raptor Lake Core i9-13900K pada benchmark Cinebench, Geekbench, dan gaming. Sayangnya dalam segi performa kecepatan daya komputasi tidak berbeda jauh dari generasi sebelumnya dan masih bersaing dengan Intel Raptor Lake.

Perlu diingat tidak semua prosesor AMD 8040 memiliki NPU seperti yang dilampirkan di tabel 2 tabel di bawah ini. Versi bawahnya seperti 8540U dan 8440U tidak memiliki fitur AI ini, yang sangat disayangkan bagi pengguna laptop budget.

AMD Ryzen 8040 Dengan AI Dirilis Berbarengan Dengan Laptop Terbaru

laptop-pakai-ryzen-8040-ai

AI Laptop – Source: AMD

Prosesor Ryzen 8040 baru diumumkan tanggal 6 Desember kemarin, tetapi beberapa produsen laptop sudah mengumumkan lini produk dengan prosesor terbaru AMD. Salah satu yang tercepat adalah Acer dengan laptop gaming Nitro V16nya yang akan rilis bulan Maret 2024. Menurut beberapa sumber, laptop ini diumumkan akan rilis dengan prosesor AMD Ryzen 8845 HS dan GPU Geforce RTX seri 40. Beberapa produsen laptop lainnya seperti Lenovo, Asus, Dell, dan HP belum mengumumkan laptop seri Ryzen 8040nya secara detail. Setelah Ryzen seri 8040 laptop, AMD mengumumkan seri prosesor laptopnya yang baru dengan nama Strix Point. Menurut gamers apakah Ryzen Hawk Point dapat mengalahkan Intel Meteror Lake atau sebaliknya? Yuk share artikelnya ke teman anda.

Source:
Kompas
VOI
WCCF TECH
AMD

Share POST

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
× Hubungi Kami